Blog-nya Beruang Madu

December 27, 2009

Awal mula bermain gitar

Filed under: Uncategorized — mustazamaa @ 3:20 pm

Bermain gitar bukanlah suatu hal yang sulit dan rumit jika kita memang meminatinya. Mengapa saya mengatakan hal ini? Bukan berarti saya jagoan bermain gitar lho. Saya tak ubah layaknya orang lain yang hanya bisa bermain gitar ala kadarnya. Namun kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi saja kepada teman – teman semua. Tulisan ini saya buat untuk teman – teman yang memang sangat awam dengan gitar dan dunia musik. Awalnya saya bermain gitar karena terpaksa. Koq bisa terpaksa ya?? Iya terpaksa karena pada waktu SMP saya diharuskan mengikuti EBTA ujian kesenian dimana ada 2 pilihan pada waktu itu. Pilihan pertama adalah bernyanyi dengan menggunakan media kaset sebagai pengiringnya. Yang ini biasanya dikenal dengan sebutan karaoke. Pada waktu itu media yang ada memang hanya kaset pita bukanlah VCD ataupun DVD yang ada pada saat ini. Pilihan kedua adalah bernyanyi dengan diiringi oleh alat musik, seperti gitar ataupun keyboard. Untuk pilihan kedua ini ada nilai tambahannya karena menggunakan alat musik.

Saya menyadari kalo saya tidak memiliki suara yang cukup layak untuk didengar oleh banyak orang. Mungkin hanya kecoa yang ada pada kamar mandilah yang sering mendengar suara “indah” saya. Itupun kalo kecoanya tidak bunuh diri begitu mendengar suara saya😀. Untuk memilih menggunakan alat musik seperti keyboard membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menguasainya. Apalagi bernyanyi sambil bermain keyboard. Padahal waktu yang tersedia hanya 1 minggu. Akhirnya saya memilih gitar sebagai alat musik pengiring nyanyi saya. Mengapa gitar?? Waduh kalo ada pertanyaan seperti itu saya ga bisa menjawabnya secara komprehensif. Yang ada jawaban pada diri saya pada waktu itu adalah bahwa bermain gitar itu membuat kesan “cool”, dan cowok banget gitu lho. Bahkan teman – teman saya bilang kalo cowok yang bisa bermain gitar pasti disukai oleh banyak cewek. Entah itu benar ato tidak saya kembalikan jawabannya kepada teman – teman semua.

Lalu bagaimana dengan waktu yang tidak panjang ini saya bisa bermain gitar sambil bernyanyi?? Nah itu dialah tantangannya. Karena saya tidak memiliki gitar, saya meminjam gitar. Baik minjam kepada saudara sepupu saya maunpun kepada teman – teman saya. Begitu saya dapat meminjam gitar saya langsung menentukan lagu apa yang ingin saya bawakan pada waktu ujian kesenian tersebut. Saya mengambil lagu Terlalu Manis dari Slank yang pada waktu itu lagi ngetrend. Bukan berarti lagu tersebut mudah akan tetapi saya termasuk orang yang menyukai lagu – lagu Slank. Terima kasih untuk Slank yang telah membuat lagu tersebut sehingga saya dapat bernyanyi sambil bermain gitar untuk mengikuti ujian kesenian tersebut.

Kembali ke permasalahan pokoknya, yaitu bagaimana awal mulanya saya bisa bermain gitar sambil bernyanyi dalam waktu yang cukup singkat. Setelah saya tentukan lagu yang ingin saya bawa pada waktu ujian, saya selanjutnya mencari kordnya. Yah karena informasi tidak seperti sekarang ini dimana media dunia maya seperti internet dan media cetak seperti majalah yang berisi kord – kord lagu sudah ada, maka kord lagu tersebut saya minta ke teman saya yang sudah jago bermain gitar. Lirik lagunya saya catat bersama kordnya. Trus karena kuncinya tersebut tidak saya ketahui maka saya gambar 6 senar gitar tersebut berikut dengan jumlah fret yang dibutuhkan dan posisi jarinya yang harus diletakkan dengan benar.

Senar gitar tersebut tidak bisa saya petik layaknya petikan melodi seorang gitaris. Saya hanya menggenjreng senarnya saja. Begitu saja saya sudah sangat senang karena sudah bisa mengiringi saya bernyanyi. Saya terus menerus menggenjreng gitar setiap waktu baik mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Bahkan dalam waktu seminggu tersebut pada waktu makan, pernah saya sampai dibawain makanan ke kamar karena diteriak disuruh makan saya masih juga bandel untuk bermain gitar. Dicoba dan terus dicoba walaupun ujung jari luka hingga kapalan tidak membuat saya menyerah untuk mencoba bermain gitar. Akhirnya sampailah saya pada waktu ujian tersebut. Saya tampil dengan anggapan seperti saya latihan di rumah saja. Dan alhamdulillah hasilnya juga tidak mengecewakan saya.

Inti dari cerita saya ini adalah cara untuk bermain gitar sebenarnya mudah namun butuh sedikit keseriusan dalam menjalaninya. Caranya pertama adalah tentukan dulu lagu yang ingin anda bawakan. Carilah lagu yang terbentuk dari not yang sederhana dan mudah untuk diingat. Setelah itu cari kordnya. Kemudian ini yang tersulit yaitu pastikan posisi jari jemari anda sesuai dengan kordnya. Misalkan pada kunci A, jari jemari anda harus diletakkan di posisi mana. Pada waktu kunci C bagaimana. Nah bagi anda yang belum terbiasa dengan memencet senar gitar dan memindahkannya sesuai dengan ketukan lagu tersebut, anda harus melatihnya. Pelan – pelan saja dulu. Mulai dari baris pertama dari lirik lagu tersebut. Setelah itu coba untuk satu bait lagu. Yang perlu diingat biasanya rangkaian kord lagu berubah pada waktu lagu tersebut masuk pada bagian bridge maupun reff. Setelah perbagian bait lagu telah dicoba, cobalah untuk menyanyikan satu lagu penuh. Harus sering dan berani mencoba tanpa harus melihat kunci – kuncinya. Cobalah kembali untuk lagu yang lain. Maka lama kelamaan anda akan terbiasa mendengar bunyi nada yang berubah. Dari situ anda akan bisa mencari sendiri kord lagunya. Demikianlah awal mula saya bermain gitar. Memang bukanlah cara yang benar, namun itu adalah awal saya mengenal dunia musik sampai saat ini.

7 Comments »

  1. blog bagus 2 gini masa gk ada yg coment,
    thanks gan atas infonya bermain gitar😀
    semoga sukses selalu.

    Comment by Genta14 — November 4, 2011 @ 6:13 pm | Reply

    • Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Semoga sukses juga buat agan😀

      Comment by mustazamaa — November 10, 2011 @ 8:04 am | Reply

  2. Om, . .om. . .ajari saya nggenjreng d0nk? . .
    Gx pas ama suara nya tau’ . . .

    Comment by Andy uchiha — May 18, 2013 @ 9:19 pm | Reply

  3. Saya xo gc bisa nggenjreng dngan tepat ea. . .
    . . .pasti suara nya fals. . .dan gc serasi sama lu nya. .
    . .saya bingung. , .padhal udah 2 blan ltihan

    Comment by Andy uchiha — October 10, 2013 @ 9:03 pm | Reply

  4. Salam kenal…mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm Bhs. Indonesia GRATIS di http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    Comment by ray — December 12, 2013 @ 8:16 am | Reply

  5. Kerenndd!! Pengalaman ini yg pengen sya baca dri jaman jebot, baru ketemu skrg. Hehehe soalnya sya juga harus bisa bwain lagu pke gitar dlam 1 bulan latihan.. Buat perpisahan gitu.. thx for share! Blog keren! #jempoldua

    Comment by haniraisy — April 12, 2014 @ 7:56 pm | Reply

  6. sya juga ada tugas dari sekolah yang harus bermain pke gitar nih dlam wktu 1 bln …,, untungnya nemu blog ini..jd bikin semangat untuk bljr gitar ;D

    Comment by Kirana — October 1, 2015 @ 5:16 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: